Semangat Pemuda Berkarya dalam LIVENESIA PPI Greater Liverpool

 

livenesia-2

Karya dari pemuda Indonesia yang berkesempatan untuk menuntut ilmu di luar negeri amatlah dinantikan. Keseragaman ilmu maupun passion yang dimiliki, menjadi modal yang berharga untuk berkarya bagi bumi pertiwi dari berbagai lini. Inspirasi untuk berkarya bagi nusa dan bangsa tergambar dari gelaran acara persembahan Perhimpunan Pelajar Indonesia Greater Liverpool bertajuk LIVENESIA: Speak Up and Spark Up the Indonesian Spirit Inside You, bertempat di Unity Theatre Liverpool (25/9). Acara  yang merupakan program kerja baru dari PPI Greater Liverpool ini terdiri dari dua sesi yakni talkshow dengan tema “Pemuda Indonesia Berkarya” dan “Juru Bicara” stand up comedy show dengan penampil Pandji Pragiwaksono.

“konsisten menjadi kunci bagi pemuda untuk berkarya bagi Indonesia”, ujar Willem Burung, Ph.D dari Oxford yang menjadi pembicara talkshow LIVENESIA. Bintan Titisari, seorang desainer pemerhati batik yang memperkenalkan teknik tritik, menambahkan, “dengan meyakini apa yang kita sukai, karya akan sendirinya muncul”. Sedangkan Shally Pristine, alumni Indonesia Mengajar dengan penempatan di kaki Gunung Tambora, memberikan pandangan baru dengan berkarya melalui aktivitas sosial. “Dengan melihat jauh ke batas-batas Indonesia, kita akan tahu bagaimana potensi bangsa ini sungguh luar biasa. Ini menjadi inspirasi bagi kita, para pemuda, untuk menjadikan keterbatasan sebagai penghalang untuk menghasilkan karya untuk negara”, tambahnya.

 

pandji

Selain talkshow dengan menginspirasi bagi pelajar di luar negeri untuk berkarya bagi bangsa, acara LIVENESIA juga dimeriahkan dengan rangkaian Juru Bicara stand-up comedy show. Menghadirkan Pandji Pragiwaksono, salahsatu komika pendiri komunitas Stand-Up Comedy Indonesia sebagai penampil utama, Unity Theatre tempat diselenggarakanya LIVENESIA dipenuhi oleh ratusan pelajar Indonesia yang tak sabra menantikan humor cerdasnya. Sesuai dengan semangat LIVENESIA yang mengedepankan semangat pemuda berkarya, materi-materi yang dibawakan sosok yang dikenal karena nasionalismenya yang meletup-letup ini tak luput dari ajakan untuk berkarya bagi bangsa. “Kunci dalam berkarya itu hanya ada satu. Mulai dulu aja, terus bikin yang lebih baik”, ujar pria yang menggelar stand-up comedy world tournya ke 24 kota dari lima benua. Tampak tak hanya candaan semata yang dilontarkan, namun ada inpirasi yang dapat diserap oleh pelajar Indonesia di UK yang hadir saat itu. “yang saya yakini adalah dengan tutur cerita dengan disisipi humor, pesan yang akan disampaikan akan mudah untuk diterima, ungkap ayah dua anak ini. “termasuk dengan semangat untuk berkarya bagi bangsa yang banyak orang nilai cukup berat, dengan melalui stand-up comedy adalah cara terbaiknya untuk menyampaikanya kepada khalayak ramai”, tambahnya.

Acara LIVENESIA ini dilatar belakangi oleh jumlah pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi di luar negeri terus mengalami pertumbuhan dalam lima tahun terakhir. Kenaikan jumlah yang cukup signifikan tersebut melahirkan harapan agar putra-putri bangsa dapat belajar dari negara-negara besar dan berkarya mengabdikan ilmunya bagi kemajuan Indonesia. Hadirnya LIVENESIA dicanangkan  menjadi wadah untuk menyegarkan kembali jiwa nasionalisme para pelajar Indonesia serta memberikan inspirasi dan motivasi untuk berkarya bagi Indonesia. “besar harapan dari kami agar LIVENESIA ini mampu menjadi pembuka wawasan bagi pelajar Indonesia di UK agar selepas pulang dan kembali ke tanah air nanti, tak lagi bingung untuk berkarya bagi tanah air melalui segala bidang”, ujar Oktavianus Hutasoit, Ketua PPI Greater Liverpool. “Selain itu, LIVENESIA merupakan ide awal kami mempromosikan nama Indonesia agar lekat dengan masyarakat di kota Liverpool”, pungkasnya.

 

 

 

nb: foto selengkapnya dapat dilihat pada laman https://www.facebook.com/ppigreaterliverpooluk/photos/?tab=album&album_id=1842206659336597

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *